.

Selasa, 05 Februari 2013

Manfaat Teh Untuk Kesehatan

Manfaat Teh - Teh merupakan minuman yang dibuat dari daun, pucuk daun serta tangkai muda daun teh  yang dikeringkan. Banyak orang yang menyukai minum teh, selain manfaatnya yang banyak, aromanya pun nikmat.

Teh mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, yaitu :
  1. Aman diminum oleh siapa saja karena kandungan kafeinnya yang sedikit.
  2. Mampu mencegah penuaan dini karena daun teh mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan berguna melindungi tubuh dari penuaan dan polusi.
  3. Teh mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan teh melancarkan saluran arteri. Penelitian di Belanda mengatakan 70% orang yang minum teh hitam 2 atau 3 cangkir tiap hari memiliki resiko lebih kecil terkena serangan jantung. Hal ini dibandingkan orang yang tidak pernah minum sama sekali.
  4. Teh hijau memiliki manfaat meningkatkan metabolisme tubuh. 
  5. Teh bebas kalori sehingga aman dikonsumsi, tapi ingat jangan menambah dengan gula. Kalau dicampur gula teh tetap akan memiliki kalori.
  6. Teh berkhasiat bagi kesehatan tulang. Sebuah penelitian mengatakan orang yang minum teh dalam jangka waktu 10 tahun akan memiliki tulang yang lebih kuat dibandingkan yang tidak pernah sama sekali.
  7. Teh barkhasiat mampu mengobati kanker. Alasannya didalam teh terdapat beragam antioksidan dan polifenol yang berkhasiat menyerang sel-sel kanker salah satunya yaitu catechin.
  8. Teh bermanfaat bagi kesehatan gigi. Karena di dalam teh terdapat kandungan fluroide dan tanin yang bermanfaat mengusir plak pada gigi. Tips: Setelah gosok gigi, air teh tanpa gula bisa digunakan untuk berkumur. Kandungannya sangat sangat baik untuk menjadikan tulah lebih kuat.
  9. Teh bisa meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh dari infeksi dan radikal bebas. Orang yang minum tehe kekebalan tubuhnya akan meningkat.

Penyeduhan segar merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan antioksidan dari teh yang Anda minum, sehingga dengan anda mengetahui berapa lama merendam teh adalah bagian penting dari proses. Tiga sampai lima menit merupakan waktu yang disarankan untuk memaksimalkan manfaat.

Teh mengandung sejenis antioksidan yang bernama katekin. Pada daun teh segar, kadar katekin bisa mencapai 30% dari berat kering. Teh hijau dan teh putih mengandung katekin yang tinggi, sedangkan teh hitam mengandung lebih sedikit katekin karena katekin hilang dalam proses oksidasi. Teh juga mengandung kafein (sekitar 3% dari berat kering atau sekitar 40 mg per cangkir), teofilin dan teobromin dalam jumlah sedikit.

Sebuah studi di Swiss menemukan bahwa minum teh hitam dengan makan mengurangi penyerapan zat besi sebesar 79% sampai 94% bila dibandingkan dengan air minum. Orang dengan kekurangan zat besi mungkin mempertimbangkan minum teh hanya di antara waktu makan.

Sebaiknya jangan minum teh setelah makan.  Menurut Shengming Shibao (Majalah kehidupan), berdasarkan penelitian para ahli obat-obatan dari Institut Penelitian Bahan Obat, daratan Tiongkok: “Daun teh mengandung asam tannic dan teofilin. Kedua zat ini akan memengaruhi pencernaan tubuh manusia terhadap makanan.”

Cairan lambung dan usus sangat penting bagi tubuh untuk mencerna makanan, namun ketika asam tannic masuk ke saluran pencernaan, mereka dapat menghambat sekresi dan mengakibatkan gangguan pencernaan. Selain itu asam tannic dapat menyebabkan koagulasi (pembekuan) atas protein dari daging, telur, kedelai, produk susu dan makanan lainnya dan membentuk tanin-protein koagulum yang sulit dicerna. Para ahli mengatakan, air putih adalah minuman terbaik setelah makan, selain dapat membersihkan mulut juga tidak memengaruhi pencernaan. Setengah jam setelah makan Anda dapat minum sedikit teh encer.

Nah itu tadi sedikit informasi tentang Manfaat Teh Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat !!

Tetap Sehat !!!
Tetap Semangat !!!
(^_^)

Sumber: Dari berbagai sumber.