.

Senin, 04 Februari 2013

Tips Mengurangi Porsi Makan Diet

Diet Alami - Baik kaum hawa maupun kaum adam tentu ingin memiliki tubuh yang sehat serta ideal. Nah untuk mendapatkan apa yang diinginkan tersebut, bisa dengan melakukan diet sehat. Tapi jika kita sudah terbiasa dengan porsi makan kita, kadang susah untuk memulai diet sehat tersebut.

Sulitnya mengurangi porsi makan bisa karena cara itu belum menjadi suatu kebiasaan. Tapi, sebaiknya mengurangi porsi makan mulia dibiasakan apalagi saat usia bertambah. Seperti diakatakan Dr. Merryanana Adriani SKM MKes, bahwa ketika usia bertambah metabollisme akan melambat dan aktivitas juga berkurang. Karenanya upaya mengurangi porsi makan harus dilakukan.
Jangan khawatir, ada beberapa tips untuk mengurangi porsi makan kita. Mari kita lihat bersama:
  • Kombinasi
Kombinasikan makanan pokok kita. Jika selama ini makan nasi sebanyak setengah piring, cobalah untuk mengurangi  separuhnya, kemudian sisanya digantikan dengan sumber lain. Sebab nasi putih memiliki kalori yang cukup tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Disarankan untuk mengganti sumber karbohidrat nasi dengan sumber karbohidrat yang lainnya, misalnya singkong ungu atau labu kuning yang kalorinya lebih rendah. Bahan-bahan itu juga mengenyangkan. Tapi tidak masalah jika tetap mengonsumsi nasi dalam porsi kecil karena kebanyakan orang beranggapan belum makan jika belum makan nasi. 
  • Atur Jadwal
Jadwal makan teratur membuat tubuh menciptakan ritme tersendiri untuk mengetahui kapan harus makan. Lakukan secara berlahan untuk membiasakan diri dan mengatur pencernaan. Hal ini sangat berhubungan dengan enzim yang dikeluarkan. Sebab enzim akan keluar pada waktu-waktu yang telah ditentukan tubuh atau ketika ada makanan masuk.
  • Lengkapi dengan serat
Mengurangi porsi makan mungkin akan membeikan sensasi rasa kenyang yang berbeda. Kemungkinan perut belum terlalu kenyang namun harus menghentikan makan. Untuk menghindari kelaparan berat dianjurkan untuk mengenyangkan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Itu jauh lebih baik daripada makan cemilan. Karena buah mengandung antioksidan yang tinggi dan glukosanya bisa mengenyangkan.
  • Mengunyah pelan
Mengunyah makanan dengan pelan akan membuat makanan yang kita konsumsi memiliki volum yang lebih kecil. Otomatis jumlah makanan yang dimakan juga semakin sedikit. Mengunyah makanan dengan pelan juga akan memberi kesempatan pada lambung untuk memproses makanan yang masuk menjadi zat yang dibutuhkan tubuh.
  • Gunakan piring kecil
Cara ini cukup jitu dilakukan. Dengan menggunakan piring kecil, maka makanan yang anda ambil otomatis juga akan lebih sedikit daripada menggunakan piring besar. Dengan demikian anda tidak bernafsu untuk makan dalam jumlah banyak. Lagipula perut manusia sebenarnya tidak dirancang untuk makan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Lebih baik makan dalam jumlah sangat sedikit tapi sering daripada makan 2x sehari tapi dalam porsi yang sangat banyak.

Nah itu tadi sedikit Tips Mengurangi Porsi Makan Diet. Selamat Mencoba !!!

Tetap Sehat !!!
Tetap Semangat !!!
:)

Sumber: Tabloid Cantiq, Edisi 284