.

Rabu, 19 Desember 2012

Menjaga Kesehatan Payudara

Menjaga Kesehatan Payudara - Payudara dalam bahasa latin disebut dengan nama mamma adalah organ tubuh bagian atas dada dari spesies mamalia berjenis kelamin betina, termasuk manusia.

Payudara memiliki tiga fungsi yaitu menyusui, peranan seksual, dan fungsi lain.
Fungsi menyusui karena payudara memiliki kelenjar susu yang bisa memberikan nutrisi dalam bentuk air susu bagi bayi dan balita. Sementara dalam fungsi seksual payudara memegang peranan penting dalam kebiasaan seksual manusia. Payudara maerupakan salah satu karakteristik seks sekunder dan memegang peranan penting dalam daya tarik seksual pada partnernya dan kesenangan individual. Sedangkan fungsi lainnya adalah fungsi keindahan atau estetika. Dengan payudara yang indah akan menambah rasa percaya diri seseorang.

Menjaga kesehatan payudara harus dilakukan sedini mungkin, semenjak seorang gadis mulai akhil baligh yang ditandai dengan menstruasi. Mulai dari fase ini maka payudara seorang wanita mulai terbentuk. Payudara tidak hanya dipandang dari keindahan bentuknya saja namun juga dari kesehatannya. Kita harus menjaga payudara agar tetap sehat selalu.

Untuk menjaga kesehatan payudara kita dan terhindar dari berbagai penyakit, kita harus selalu melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat pula. Selain itu kita harus bisa melakukan SADARI atau periksa payudara sendiri.

Cara melakukan SADARI

Ada lima langkah dalam melakukan SADARI, yaitu :
  1. Mulailah dengan mengamati payudara di cermin dengan bahu lurus dan lengan di pinggang. Disini, yang harus diamati adalah bentuk payudara, ukuran dan warna. Karena rata-rata payudara berubah tanpa kita sadari. Perubahan-perubahan yang perlu diwaspadai adalah : berkerut, cekung kedalam, atau menonjol kedepan karena ada benjolan. Puting yang berubah posisi dimana seharusnya menonjol keluar, malahan tertarik kedalam. Warna memerah, kasar dan sakit.
  2. Kemudian angkat kedua lengan untuk melihat apakah ada kelainan pada kedua payudara.
  3. Sementara masih didepan cermin, tekan puting apakah ada cairan yang keluar. ( bisa berupa cairan putih seperti susu, kuning atau malahan darah ).
  4. Kemudian berbaringlah, raba payudara kanan dengan tangan kiri untuk merasakan perubahan yang ada di payudara sebelah kanan dan sebaliknya. Tekan secara halus dengan jari-jari secara datar & serentak. Selubungi dengan jari payudara kita dari arah atas sampai bawah, dari tulang selangka ke bagian atas perut,dari ketiak ke leher bagian bawah. Ulangi pola ini sehingga yakin bahwa seluruh payudara telah tercover. Kini mulai pada puting. Buat lingkaran yang makin lama makin besar hingga mencapai seluruh tepi payudara. Menggunakan jari, buatlah gerakan keatas dan kebawah berpindah secara mendatar/menyamping seperti sedang memotong rumput. Sambil rasakan seluruh jaringan payudara, dibawah kulit dengan rabaan halus hingga rabaan yang sedikit lebih menekan.
  5. Terakhir, rasakan payudara anda ketika sedang berdiri atau duduk. Bagi kebanyakan wanita, paling mudah untuk merasakan payudaranya adalah ketika payudaranya sedang basah dan licin, sehingga paling cocok adalah ketika sedang mandi dibawah shower. Lakukan seperti pada langkah ke-4, dan yakinkan bahwa seluruh payudara sudah tercover oleh rabaan tangan.(sumber: kankerpayudara.wordpress.com)
Kanker Payudara

Payudara sangat rentan dengan berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker payudara. Kanker adalah kelompok penyakit dimana sel tubuh berkembang, berubah dan menduplikasi diri di luar kendali. Biasanya nama kanker diberikan berdasarkan di bagian mana dari tubuh pertama kali kanker itu muncul. Jadi kanker payudara merujuk pada pertumbuhan serta perkembangbiakan sel abnormal yang muncul pada payudara. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker payudara. Mulai dari cara yang herbal maupun kedokteran. Bergantung dari keyakinan anda ingin mengobati dengan cara yang mana.

 Obat herbal kanker payudara?
Kapsul Keladi Tikus, Obat Kanker Payudara


Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat herbal. Obat herbal lebih aman untuk tubuh, karena tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi tubuh. Selain itu terbuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari alam, yang pastinya aman.

Itu tadi sedikit informasi dari saya. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati. Menjaga Kesehatan Payudara bisa kita lakukan sedini mungkin.