.

Kamis, 14 Februari 2013

Khasiat Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat teh - Memiliki tubuh yang sehat dan ramping tentu dambaan setiap orang. Hal ini bisa menjadi tolok ukur kecantikan seseorang (tentunya harus dinilai juga dengan kecantikan kepribadiannya). Tak heran jika banyak perempuan berusaha memiliki tubuh yang sehat dan sekaligus tubuh yang ramping. Salah satu cara yang digunakan adalah sengan mengonsumsi teh.

Seperti diketahui banyak orang, teh mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu teh juga mengandung flavonoid. Flavonoid mengandung beberapa zat tertentu yang mempunyai banyak manfaat, yaitu:
  • Mengurangi resiko munculnya penyakit. 
Teh mempunyai fungsi menghambat penuaan dini, selain itu kandungan katekin yang terdapat dalam teh juga mampu mengurangi munculnya penyakit, misalnya stroke, kerusakan hati, kanker, diabetes, dan sebagainya. Katekin dalam teh mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mencegah tejadinya penggumpalan darah. Katekin juga mampu menetralkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga resiko hipertensi, stroke dan penyakit jantung lainnya secara nyata dapat dikurangi.

Didalam teh juga terkandung senyawa tanin. Tanin adalah senyawa polifenol yang memberikan rasa pahit atau sepat. Makin pahit rasa teh, makin tinggi kandungan zat taninnya. Zat tanin merupakan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan munculnya kanker dan penyakit degeneratif seperti kolesterol tinggi, jantung, diabetes dan sebagainya.

Zat tanin juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, membunuh bakteri dan bersifat menggelontorkan lemak dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui ginjal atau feses. Namun, perlu diketahui bahwa zat tanin dalam teh juga bisa menghambat proses penyerapan zat besi dan berbagai macam vitamin dan mineral lainnya.
  • Menghambat penuaan dini. 
Teh mengandung katekin yang digolongkan sebagai flavonoid yang memiliki antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan dini. Selama ini sumber anti oksidan yang paling terkenal adalah vitamin C dan E. Padahal, katekin juga merupakan anti oksidan dan bahkan lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E yaitu 100 kali anti oksidan vitamin C dan 25 kali antioksidan vitamin E.
  • Membuat tubuh menjadi rileks. 
Teh mengandung L-Theanin yang merupakan asam amino. Nah manfaatnya adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan aktivitas gelombang alfa pada otak tang dapat menimbulkan perasaan rileks dan tenang.

Itu tadi sedikit informasi mengenai Khasiat Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan. Baca juga Penyakit Hepatitis C, Gejala dan Pengobatannya. Semoga Bermanfaat !!!