.

Jumat, 12 April 2013

Tips Menghilangkan Ketombe

Tips menghilangkan ketombe - Wajah cantik, kulit mulus, rambut indah. Siapa sih wanita yang tidak menginginkannya? namun beberapa orang mungkin mengalami masalah dengan salah satunya. Entah itu masalah kecantikan wajah, kulit maupun rambut. Salah satunya adalah masalah ketombe pada rambut. 

Yups.. ketombe! Ketombe sebenarnya bukan suatu penyakit atau apalah yang berbahaya gitu, tapi jika tidak diatasi tentu akan mengganggu penampilan anda dan rasa percaya diri anda. Misalnya garuk-garuk kepala di depan umum gara-gara ketombe, terus banyak orang yang melihat ke arah kita, wah tengsin banget rasanya! Nah sist, sebelum kita bahas tentang tips menghilangkan ketombe, ada baiknya kita tahu dulu apa itu sebenarnya ketombe.

Ketombe adalah sel-sel kulit mati yang ada di kulit kepala. Hal inilah yang membuat kulit kepala kita seolah bersisik dan terasa gatal. Jika digaruk, ketombe ini akan berjatuhan. Ketombe bukan disebabkan oleh rambut yang kotor, namun lebih karena penggunaan produk yang dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas. Nah, ada lagi lho, ternyata ketombe tidak hanya muncul di kulit kepala namun bisa juga muncul di bagian tubuh lainnya misalnya dahi, alis, bulu mata, dan telinga.

Itu tadi beberapa info tentang ketombe, sekarang kita lihat yuk tips menghilangkan ketombe. Check This Out !

Tips Menghilangkan Ketombe
  1. Jangan gunakan produk perawatan rambut atau pewarna rambut yang meninggalkan residu. Hal ini dikarenakan residu mampu memicu reaksi kulit yang terlihat seperti ketombe.
  2. Sering-seringlah mencuci rambut anda. Jika anda sudah berketombe, jarang memcuci rambut bisa membuat ketombe anda semakin memburuk. Hal ini akibat sel-sel kulit mati di kepala semakin menumpuk. Perlu diperhatikan cara mencuci rambut yang benar yaitu dengan menggunakan ujung-ujung jari tangan (bukan kuku loh!), gosok secara lembut sampo ke kulit kepala. Biarkan sampo di kepala selama 5 menit, baru bilas hingga bersih. Oleskan kondisioner jika membutuhkan.
  3. Ketombe bisa dihilangkan dengan memakai aloe vera alias lidah buaya dan sampo sereh.
  4. Ketombe memang bisa dihilangkan dengan memakai sampo anti ketombe. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan sampo anti ketombe agar kulit kepala tidak menjadi kering. 
  5. Sebaiknya gunakan sampo anti ketombe 2 kali seminggu, selebihnya gunakan sampo yang lain agar kulit tidak menjadi kering.
  6. Sesekali berjemur dibawah sinar matahari ok juga. Hal ini untuk menekan pertumbuhan jamur di kulit kepala. Tapi ingat, jangan lupa gunakan pelindung rambut dengan tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi.
  7. Hindari stres. Ketombe akan semakin memburuk jika anda stres.
  8. Ketombe tidak berbahaya. Ketombe juga bukan penyakit, apalagi penyakit menular. Ketombe juga tidak menyebabkan rambut rontok, namun menggaruk kulit kepala bisa menyebabkan rambut rontok.

Nah itu tadi informasi mengenai Tips Menghilangkan Ketombe. Baca juga 12 Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat.