.

Senin, 18 Februari 2013

Tips Merawat Puting Payudara

Puting Payudara - Puting payudara merupakan salah satu bagian yang penting dalam payudara, apalagi dalam proses menyusui. Perawatan puting payudara harus dilakukan dengan benar, supaya bisa bekerja secara maksimal ketika seorang ibu menyusui. Perawatan puting berfungsi untuk menjaga agar bagian puting tetap menonjol keluar dan bersih, sehingga memudahkan proses menyusui. Namun perlu diingat, perawatan ini bisa memicu hormon oksitosin yang bisa menyebabkan timbulnya kontraksi pada rahim. Perawatan puting dianjurkan ketika kehamilan sudah memasuki usia 37 minggu keatas.

Membersihkan puting payudara dengan air hangat setelah mandi dengan menggunakan sabun sebaiknya dihindari karena akan membuat payudara menjadi kering dan pecah-pecah sehingga akan terasa perih.

Tips Merawat Puting Payudara

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat puting tetap menonjol dan sel-sel kulit mati terlepas dari puting payudara, yaitu:
  1. Cuci tangan, pastikan tangan dalam keadaan bersih.
  2. Oleskan baby oil, minyak zaitun atau minyak kelapa ke ujung telunjuk dan ibu jari kanan.
  3. Jepit puting dengan telunjuk dan ibu jari yang sudah diolesi minyak tersebut.
  4. Lakukan gerakan memutar secara bolak-balik dengan arah berlawanan. Lakukan hal yang sama pada payudara yang satunya.
  5. Jika puting masuk ke dalam, anda dapat membeli alat khusus yang bisa ditempelkan di sekitar puting. Gunanya adalah agar puting dapat terbentuk menonjol. Dengan puting yang menonjol tentu akan memudahkan ketika menyusui nantinya.

Nah itu tadi Tips Merawat Puting Ketika Hamil. Baca juga Tips Memilih Bra Menyusui. Semoga bermanfaat !!!