.

Sabtu, 02 Februari 2013

Penyebab Penyakit Asam Urat

Asam urat - Penyakit asam urat merupakan penyakit yang biasanya menyerang sendi-sendi. Penyakit asam urat bukan penyakit menular. Penyakita asam urat disebabkan tingginya kadar purin dalam tubuh.

Penyakit sendi akibat asam urat (pirai/gout) adalah penyakit yang disebabkan oleh asam urat yang masuk ke dalam sendi.Jika kadar asam urat dalam tubuh seseorang diatas ambang normal, maka asam urat itu akan masuk ke dalam sendi-sendi. Nah, sendi-sendi yang paling banyak dimasuki oleh asam urat biasanya adalah sendi yang dingin, misalnya sendi pangkal jari-jari kaki, jempol kaki, lutut, siku, tangan, bahu dll.

Penyebab asam urat
Penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh biasanya disebabkan oleh faktor-faktor dibawah ini:
  1. Faktor primer atau faktor bawaan (keturunan)
  2. Faktor sekunder (karena diet yang salah atau penyakit tertentu)
  3. Faktor campuran antara primer dan sekunder

Selain faktor-faktor di atas, secara umum, penyebab penyakit asam urat yaitu karena kadar asam urat yang tinggi didalam darah sehingga menumpuk ke organ-organ tertentu dalam tubuh.

Penyakit sendi akibat asam urat akhir-akhir ini dimasukkan dalam golongan penyakit rematik karena menyerang sendi dan banyak sekali dipelajari oleh ahli rematik.

Penyakit rematik digolongkan menjadi: 
  1. Penyakit Reumatik Autoimun, penyakit ini merupakan akibat kesalahan sistem kekebalan di dalam tubuh.Contohnya penyakit artritis reumatoid, lupus eritematosus sistemik, spondilitis ankilosa, dll.
  2. Penyakit reumatik metabolis, penyakit ini dikarenakan kesalahan metabolisme di dalam tubuh. Contohnya penyakit artopatri charcot dan myopati pada penyakit kencing manis, penyakit sendi akibat asam urat, dll.
  3. Penyakit reumatik akibat infeksi (artritis septik)
  4. Penyakit reumatik degeneratif, penyakit ini sering menyerang orang-orang lanjut usia contohnya ostoeartritis atau pengapuran sendi, myopati degeneratif, tendinopati degenerati, dll.

Kriteria seseorang dikatakan memiliki penyakit asam urat atau tidak.
Penyakit asam urat harus dibedakan dengan kadar asam urat yang tinggi didalam darah. Kalau yang dimaksud adalah serangan akut dari penyakit asam urat atau gout maka memang ada kriteria untuk mengatakan seseorang terkena penyakit ini atau tidak, yaitu kalau didapati minimal 6 dari 12 kategori dibawah ini:
  1. Menyerang sendi pangkal jempol kaki
  2. Menyerang sendi pangkal-pangkal jari kaki
  3. Hanya menyerang satu sendi
  4. Menyerang sendi secara asimetris
  5. Sendi yang terserang berwarna merah
  6. Nyeri sendi paling hebat pada hari pertama serangan
  7. Serangan akut kambuh-kambuhan
  8. Kadar asam urat darah melebihi normal
  9. Tidak didapatkan kuman di dalam cairan sendi
  10. Didapatkan fokus di sekitar sendiDidapatkan kristal natrium urat didalam fokus
  11. Pada pemeriksaan rontgen ada gambaran lesi khas karena natrium urat

Apakah anda memiliki keluhan yang mirip dengan apa yang diungkapkan diatas? kalau mendapat minimal 6 kriteria diatas maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat informasi yang lebih lanjut.

Jika anda sudah terserang asam urat, sebaiknya anda mengonsumsi obat herbal untuk asam urat yang terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan kimia serta tanpa bahan pengawet, sehingga aman bagi tubuh.

Itu tadi informasi tentang Penyakit Asam Urat dan Rematik. Semoga bermanfaat !!

Tetap Sehat !!!
Tetap Semangat !!!
(^_^)