.

Sabtu, 26 Januari 2013

7 Fakta Tentang Keriput

 Keriput - Keriput merupakan hal yang akan dialami oleh semua orang seiring dengan bertambahnya usia. Keriput atau garis halus yang muncul di wajah akan mengurangi keindahan dan kecantikan wajah. Seperti dilansir oleh womansday, ada 7 fakta tentang keriput yang patut kita ketahui, yaitu:
  • Keriput bersifat genetis dan turun-temurun dalam keluarga.
Menurut para ahli kemungkinan berkembangnya keriput, derajat dan kedalaman garis-garis wajah dipengaruhi oleh genetika yang turun temurun dalam keluarga. Anda dapat memprediksi kemungkinan perkembangan keriput dengan melihat riwayat keluarga. Cara terbaik untuk mencegah kerutan dan kendur di daerah kulit wajah, leher dan area dada adalah dengan meminimalkan paparan sinar matahari dan menggunakan tabir surya spektrum luas.
  • Resiko keriput tetap mengancam walaupun kita bepergian dengan menggunakan mobil. 
Anda mungkin berfikir kulit akan terlindung dari polusi dan sinar matahari jika bepergian dengan menggunakan mobil. Tapi menurut para dokter kulit, sinar UVA yang menyebabkan sebagian besar kerutan di kulit, mampu menembus jendela kaca mobil. Sehingga anda tetap memerlukan perlindungan terhadap kulit keriput karena radikal bebas dengan menerapkan tabir surya berspektrum luas setiap hari. Anda juga dapat melindungi kulit dengan memasang jendela berwarna yang dapat membantu memblokir sinar UVA.
  • Tidur miring pada poosisi yang sama setiap hari.
Seiring dengan perkembangan usia jaringan ikat dan kolagen pada wajah tidak sekuat dulu. Jadi, ketika kita tidur miring di sisi yang sama setiap hari, kulit akan berulang kali bersinggungan dengan bantal dan akan membuat kulit wajah bagian tersebut mudah kendur. Tidurlah dengan posisi miring yang bergantian untuk membalikkan tipe kerutan dan untuk mencegah kemungkinan munculnya garis-garis halus sama sekali pada wajah, biasakan diri untuk tidur terlentang.

  • Kerutan dapat disebabkan oleh masalah penglihatan. 
Beberapa orang yang mengalami masalah dengan penglihatan sering menyipitkan mata dan mengerutkan dahi diantara alis. Hal ini dapat diatasi dengan mengatasi masalah penglihatan lebih dini agar otot-otot di area tersebut lebih santai.

  • Keriput dapat dicegah dengan makan makanan berwarna cerah. 
Buah-buahan dan sayuran seperti raspberry, blueberry, paprika merah dan bayammengandung antioksidan yang mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga tetap lentur dan bercahaya.

  • Tetap terhidrasi untuk menghalau munculnya keriput.
Tubuh harus selalu terhidrasi untuk tetap lembut dan lentur dan terhindar dari keriput. Air juga dapat mengeluarkan racun tubuh yang dapat memiliki dampak negatif bagi kulit.
  • Ekspresi wajah yang dilakukan berulang-ulang dapat menyebabkan keriput. 
Terlepas dari usia atau genetika, keriput pertama yang muncul pada wajah dapat disebabkan karena ekspresi wajah berulang. Ini termasuk garis tawa, garis kerutan, dan lipatan dahi yang muncul karena mengerutkan kening, tersenyum atau mengankat otot-otot dahi ketika kaget.

Nah, untuk mengatasi keriput serta untuk perawatan wajah yang alami, bisa menggunakan cream herbal yang terbuat dari bahan alami, tanpa bahan pengawet dan bahan kimia, sehingga aman bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping.

Demikian 7 fakta tentang Keriput yang perlu kita ketahui.. Semoga bermanfaat !!! :)

(Sumber : Tabloid Cempaka, Edisi 43, 19-25 Januari 2013)