.

Senin, 28 Januari 2013

6 Khasiat Tomat untuk Kecantikan Kulit

Tomat - Kulit wajah kita sangat rentan terhadap berbagai permasalahan. Kulit sangat sensitif dengan situasi di sekitar kita. Misalnya paparan sinar matahari yang terlalu lama akan membuat kulit kusam. Asap kendaraan juga akan membuat kulit menjadi kotor dan bernoda. Untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, kita bisa menggunakan masker.

Pilihlah masker dari bahan alami, sehingga aman bagi kulit dan tubuh. Banyak masker wajah yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia berbahaya dan tentu saja akan membahayakan kulit.

Masker dangat bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah, melancarkan peredaran darah di kulit serta mengangkat sel-sel yang mati dan merangasang sel-sel kulit baru. Salah satu masker alami yang bagus untuk kulit wajah adalah masker tomat.

Berikut adalah khasiat tomat bagi kecantikan seperti dikutip dari Times Of India:
  • Mengecilkan pori-pori besar
Pori-pori besar bisa menjadi akses masuknya kotoran sehingga memicu terjadinya infeksi pori-pori. Ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran pada wajah anda. Pijat dalam gerakan melingkar. biarkan selama sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan teratur akan membuat pori-pori mengecil.
  • Menyembuhkan jerawat
Keasaman buah tomat akan membantu mengurangi kotoran dan membersihkan jerawat anda. Vitamin A dan vitamin C biasanya banyak ditemukan dalam obat jerawat dan tomat termasuk buah yang banyak mengandung vitamin A dan Vitamin C serta vitamin K. Jika anda memiliki jerawat ringan, potong tomat menjadi dua bagian kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Nah jika anda ternyata memiliki jerawat yang lumayan membandel, anda bisa menggunakan masker tomat atau tomat yang sudah dijadikan bubur atau pasta. Oleskan masker pada wajah, biarkan selama 1 jam, Bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur, maka jerawat akan menghilang dan wajah akan menjadi mulus.
  • Mengatasi kulit berminyak
Jika anda memiliki kulit berminyak, parut tomat segar dan saring serta tambahkan jus ketimun kecil.Oleskan jus dengan kapas ke seluruh wajah.
  • Menghilangkan komedo
Tomat dan avocad bisa menjadi perpaduan yang berkhasiat untuk perawatan wajah. Tomat bekerja sebagai zat pengusir komedo dan mengurangi minyak, sementara avocad memiliki efek antiseptik dan pelembab.
Tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan avocad sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini bisa menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kulit kering. Kaya vitamin A,C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.
  • Mengatasi peradangan kulit
Sengatan matahari bisa membakar kulit, sering menimbulkan efek kemerahan, bahkan gatal akibat paparan sinar matahari. Parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok yogurt polos. Oleskan ramuan ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. Bilas setelah 20 menit. Tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yogurt memberi protein yang sangat dibutuhkan kulit.
  • Membuat kulit lebih bercahaya
Caranya campur madu dengan jus tomat sampai menjadi pasta kental. Oleskan ramuan ini pada wajah dan bagian kulit yang diinginkan. Bersihkan setelah 15 menit untuk mendapatkan kulit lebih halus dan bersinar.

Nah selain masker tomat untuk kecantikan kulit, anda juga bisa menggunakan cream herbal untuk kecantikan kulit wajah anda. Pilih cream yang berbahan dasar alami, tanpa efek samping dan tanpa bahan kimia, sehingga aman bagi kulit dan tubuh anda.

Itu tadi sekilas beberapa manfaat dari tomat untuk kecantikan kulit wajah. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat Mencoba !!!
(^_^)