.

Rabu, 11 April 2012

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Apakah anda tahu jika pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan? Mulai dari manfaat pisang untuk ibu hamil, anak-anak, dewasa sampai lansia. Dan tahukah anda jika semua bagian dari pisang mempunyai manfaat dan khasiat? Mulai dari manfaat buah pisang sampai manfaat kulit pisang akan kami bahas disini. Bahkan manfaat pisang untuk kecantikan.

Dalam buah pisang ternyata mengandung tiga macam gula alami yaitu sukrosa, glukosa dan fruktosa. Ketiga macam gula alami ini bermanfaat untuk meningkatkan energi kita. Dari hasil penelitian telah terbukti bahwa apabila kita mengonsumsi 2 (dua) porsi pisang maka kita dapat melakukan aktifitas berat selama 90 menit. Wuih..... bulat panjang yang sangat bermanfaat dan berkhasiat ya ternyata..... dan tidak mengherankan apabila para atlet kelas dunia juga menjadikan buah pisang ini sebagai buah nomer wahid dalam daftar konsumsi buah mereka. 

Hasil penelitian lain ternyata pisang juga bermanfaat dalam hal kesehatan khususnya sebagai obat alami (namun tidak disebutkan jenis-jenis pisangnya, apakah jenis pisang ambon, pisang bandung,  pisang raja, pisang kepok, pisang raja bulu, ataupun pisang gendruwo <wuih sereeem nama pisangnya> yang jelas pisang). Adapun pisang digunakan sebagai obat alami penyakit penjelasanya sebagai berikut:

Depresi 
Menurut sebuah survei yang telah dilakukan oleh MIND, pasian penderita depresi ternyata merasakan kondisi yang lebih baik setelah mengonsumsi pisang. Hal ini terjadi karena dalam buah pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin yang telah terkenal berfungsi untuk membuat rileks, memperbaiki mood dan dapat membuat kondisi penderita depresi menjadi lebih baik. 

PMS (Pre Menstrual Syndrome)
Lupakan mengonsumsi pil dan beralihlah untuk mengonsumsi pisang. Dalam buah pisang mengandung Vitamin B6 yang dapat mengatur kadar glukosa darah dan dapat mempengaruhi suasana hati bagi yang mengobsumsinya. 

Anemia 
Kandungan zat besi yang tinggi pada pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah sehingga sangat membantu anda untuk mengatasi masalah anemia. 

Tekanan Darah Tinggi
Buah pisang yang termasuk dalam buah-buahan tropis ini sangat tinggi kandungan kalium namun rendah garam, sehingga bermanfaat dan merupakan komposisi yang sempurna untuk mengatasi tekanan darah. Bahkan dikarenakan manfaat dan khasiatnya yang sangat nyata dalam mengatasi tekanan darah dan stroke di Amerika, Food and Drug Administration mengizinkan perkebunan pisang untuk mengklaim secara resmi tentang kemampuan buah pisang ini untuk menurunkan tekanan darah dan stroke.
 
Masalah Kecerdasan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah yang mengandung kalium tinggi dapat membantu seorang siswa dalam belajar dengan cara meningkatkan daya konsentrasi mereka. Hal ini dapat kita lihat dalam kejadian nyata bahwa 200 siswa di Twickenham (Inggris) dapat terbantu pada saat melaksanakan ujian karena para siswa tersebut mengonsumsi pisang pada saat sarapan, istirahat sekolah dan makan siang.
 
Sembelit
Buah pisang sangat bermanfaat dalam membantu proses pencernaan.
 
Mabuk dan Muntah-muntah 
Salah satu pilihan dalam mengatasi penyakit "mabuk" dengan cepat adalah dengan mengonsumsi milkshake pisang yang dicampur dengan madu murni. Pisang dapat menenangkan perut, madu murni dapat membangun kadar gula dalam darah sedangkan susu dapat bermanfaat untuk menenangkan dan menormalkan hydratasi.
 
Panas Dalam
Jika anda mengalami panas dalam maka konsumsilah buah pisang untuk mengurangi rasa sakitnya. Buah pisang memiliki efek antacid alami dalam tubuh.
 
Mual-mual Pada Ibu Hamil
Manfaat dan khasiat pisang bagi ibu hamil antara lain adalah untuk mengobati mual. Dengan mengonsumsi pisang diantara waktu makan dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kadara gula darah serta menghilangkan rasa mual. Buah pisang juga dapat mengendalikan dan menenangkan emosi ibu hamil.
 
Gigitan Nyamuk
Obat alami ini didapat dari kulit pisang, gosoklah bagian yang digigit nyamuk dengan kulit pisang bagian dalam. Hal ini dapat mengatasi rasa gatal dan bengkak pada kulit.
 
Stroke
Menurut sebuah riset dalam "The New England Journal of Medicine", mengonsumsi pisang sebagai bagian dari diet yang teratur ternyata dapat mengurangi resiko kematian yang disebabkan oleh stroke sebesar 40%.
 
Kecanduan Rokok
Buah pisang juga bermanfaat untuk membantu anda dalam program menghentikan kecanduan rokok. Kandungan vitamin B6, B12, Kalium dan Magnesium dapat membantu tubuh anda cepat sembuh dari efek yang timbul dari penghentian nikotin.

Masih banyak lagi manfaat pisang baik manfaat buah pisangnya ataupun manfaat bagian lain dari pisang ini. Khasiat pisang untuk kecantikan Insya Allah akan kami bahas dalam artikel kesehatan lainya..... Terima Kasih.