.

Senin, 11 Februari 2013

Penyebab Berat Badan Naik

Berat badan naik - Memiliki tubuh yang indah merupakan dambaan setiap wanita. Tubuh yang proporsional ditunjang dengan kecantikan yang dimiliki akan membuat seorang wanita memiliki rasa percaya diri di depan umum.

Namun tidak sedikit wanita yang hanya fokus mengurangi konsumsi makanan untuk memiliki tubuh yang proporsional. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari, ada faktor lain yang bisa menyebabkan Berat Badan (BB) naik. 

Minimal ada 4 faktor penyebab berat badan naik, yaitu:
  1. Tidak makan. Cara ini merupakan cara yang salah total. Tidak makan justru akan membuat berat badan menjadi naik. Tubuh seperti sebuah sistem yang membutuhkan bahan bakar untuk melakukan aktivitas metabolisme dasar termasuk pembakaran lemak. Oleh karena itu, jika tidak ada bahan bakar atau makanan, metabolisme tubuh akan melambat sehingga tubuh menimbun lemak dan kalori. Hal ini menyebabkan tubuhnjadi sulit mengurangi beratnya.
  2. Kurang Tidur. Waktu tidur yang kurang dan tidur tidak teratur menyebabkan berat badan naik. Sebab, begadang dapat menimbulkan rasa ingin makan sesuatu atau ngemil yang dapat menyebabkan asupan kalori menjadi tidak menentu. Saat begadang organ tubuh memberikan respon pada hormon yang menimbulkan nafsu makan. Namun, hormon tersebut tetap membuat perut tidak terasa kenyang. Bila makanan yang dimakan berlemak, tentu hanya akan menambah tibunan lemak dan membuat perut menjadi buncit. 
  3. Kurang Gerak. Kurang gerak dan aktivitas atau olahraga juga bisa menyebabkan berat badan naik. Karena itu ketika ingin mengurangi berat badan, lakukan juga olahraga secara teratur. Cobalah renang, yoga, senam, dan menari untuk menurunkan berat badan. Jalan-jalan selama 45 menit setiap hari juga membantu menurunkan berat badan.
  4. Konsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat memiliki efek samping kenaikan Berat badan. diantaranya obat anti-depresan, obat diabetes, obat migrain dan obat hipertensi. Obat-obatan tersebut bisa menyerap sebagian nutrisi dan energi dalm tubuh. Sehingga beberapa jam setelah mengonsumsinya perut menjadi lapar dan timbil haus.

Nah itu tadi sekilas tentang Penyebab Berat Badan Naik. Semoga Bermanfaat!!!