.

Sabtu, 14 April 2012

Gejala Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang dapat menyerang dan hinggap ke siapa saja terutama bagi mereka yang tidak memperhatikan pola hidup sehat dan mengatur pola makan secara sehat. Apabila kita terkena penyakit asam urat tentu penyakit ini akan sangat mengganggu bagi aktifitas kita karena hampir setiap harinya penderita penyakit asam urat akan merasakan nyeri di persendian yang luar biasa. Akibatnya aktifitas terganggu karena menjadi malas untuk beraktifitas bahkan sampai kondisi yang parah, bagian tubuh seperti kaki tidak bisa digerakkan ataupun ditekuk pada lututnya.

Dikarenakan begitu mengganggunya penyakit asam urat bagi aktifitas kita, maka kita perlu mengenali gejala atau tanda-tanda penyakit asam urat ini. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita untuk melakukan  tindakan pencegahan dini agar kita tidak terkena penyakit asam urat yang akut atau lebuh parah.


Gejala penyakit asam urat sering ditandai dengan rasa nyeri di persendian dan biasanya akan berlangsung beberapa hari kemudian menghilang samapi serangan asam urat ini muncul lagi. Nyeri sendi merupakan indikator utama asam urat, tapi rasa nyeri pada persendian banyak sebabnya, belum tentu disebabkan oleh asam urat. Berikut adalah sejumlah gejala yang patut anda waspadai. Jika Anda merasakan tanda-tanda berikut, besar kemungkinan anda terkena penyakit asam urat :
  1. Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan membengkak dan berwarna kemerahan (meradang)
  2. Biasanya persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari
  3. Rasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang
  4. Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan dan siku
  5. Pada kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat bergerak
Untuk memastikan, Anda harus melakukan pemeriksaan laboratorium. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl.

Penyakit asam urat biasanya diderita pria berusia 40 tahun ke atas dan wanita yang sudah menopause. Sebagian besar penderita asam urat juga memiliki penyakit lain seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes atau penyakit ginjal. Faktor kegemukan (obesitas) juga sering dijumpai pada penderita asam urat.

Jika penyakit asam urat dibiarkan tanpa pengobatan, maka dapat berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

Baca Juga Ya....!!!
  1. Apa itu Sakit Asam Urat dan Apa Penyebabnya?
  2. Makanan yang Harus Dihindari bagi Penderita Asam Urat