.

Senin, 21 Januari 2013

Kendalikan Diabetes dengan Yoga

Yoga - Yoga memang memilki banyak manfaat bagi tubuh. Pengaturan nafas dan pemusatan pikiran membuat tubuh menjadi segar kembali dan semua kepenatan menjadi hilang. Selain itu gerakan yoga juga bisa membantu seseorang melenturkan sendi dan otot sehingga tubuh menjadi lebih bugar.

Ada satu lagi manfaat yoga yang sangat penting. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa yoga dapat digunakan untuk mengendalikan diabetes. Hal ini dikarenakan ada beberapa gerakan dalam yoga yang bertujuan untuk mengatur dan mengontrol hormon tubuh. hormon tersebut  adalah Thyroid, parathyroid, pineal, dll. 

Jika sistem hormon dalam tubuh stabil dan bekerja sebagaimana mestinya, maka anda bisa pula mengontrol diabetes anda. Lakukan yoga secara rutin dan berkelanjutan disamping tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai diabetes anda.

Gerakan Yoga:
  1. Berbaringlah terlentang dengan punggung ke atas diganjal dan kedua tangan lurus di samping tubuh. Tekuk kedua lutut dan temukan kedua telapak kaki menjadi satu, beri balok untuk mengganjal posisi paha. Tahan selama beberapa hitungan, rilekskan tubuh ke posisi semula. Atur nafas ketika anda melakukan gerakan ini.
  2. Berbaringlah terlentang dengan punggung atas dan kepala diganjal dan kedua tangan rileks di samping tubuh. Atur nafas, tekuk kedua lutut ke belakang hingga kedua kaki merapat keluar paha. tahan selama beberapa saat.
  3. Duduklah dengan bertumpu pada kedua kaki. Kemudian dengan mengatur nafas, bungkukkan badan ke depan dan letakkkan kedua tangan lurus di atas matras.  Tahan selama beberapa hitungan.
  4. Duduklah dengan punggung tegak. Luruskan kaki kiri ke depan, dan tekuk kaki kanan. Kemudian dengan mendorong punggung ke depan luruskan kedua tangan.
  5. Duduklah dengan kedua kaki lurus dan punggung tegak. Tekuk lutut kaki kanan dan letakkan tangan kiri di depan lutut kaki kanan. Tahan selama beberapa hitungan.
  6. Berbaringlah terlentang di hadapan dinding. Luruskan kaki ke atas merapat pada dinding, kemudian tekuk lutut ke arah dalam sehingga kedua telapak kaki beradu. Tahan selama beberapa saat.

Nah itu tadi sedikit informasi tentang Yoga yang dapat mengendalikan diabetes. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat :)